Senin, 16 Februari 2009

PRAKATA

SELAMAT DATANG DI RANAH MINANG
Propinsi Sumatera Barat dikenal juga dengan sebutan ranah minang atau Padang.
Sumatera Barat merupakan daerah suku minangkabau,orangnya biasa disebut sebagai orang minang atau orang Padang.
Padang merupakan ibukota Propinsi Sumatera barat.
Propinsi Sumatera Barat ini banyak memiliki tempat yang indah,yang dijadikan sebagai tempat wisata.Propinsi ini di karuniai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,gunung,laut,danau dan lembah yang indah.tersebutlah beberapa tempat yang sangat populer di nusantara bahkan dunia seperti Ngarai Sianok di Bukittinggi,Danau Maninjau Di Agam,Pantai Carocok dan Pulau Cingkuk di Painan,Lembah Anai didekat Padang Panjang serta banyak lagi tempat yang indah lainnya.
Orang Minang atau orang Padang juga memiliki sejarah tentang kemerdekaannya,didaerah ini juga pernah terjadi perlawanan terhadap penjajah Belanda,Ada Tuangku Imam Bonjol,ada tuangku Pasaman dan Orang Minang di Kampar Tuangku Tambusai.
Dimasa setelah kemerdekaan daerah ini juga pernah memberontak kepada pemerintah pusat untuk memperjuangkan kemerataan pembangunan.tersebutlah PRRI.
Itulah tipikal orang minang atau orang padang yang tidak mau dijajah dan diperlakukan tidak adil.
Daerah yang memiliki filsafat Alam TakambangJjadi Guru ini juga melahirkan beberapa putra terbaiknya yang sangat berjasa kepada bangsa ini.Dari Ranah Minang ada Moh.Hatta wakil presiden Republik Indonesia yang pertama,Ada Buya Hamka ulama indonesia yang memimpin majalah Panjimas.Ada M.Syafei,Fahmi Idris,Tan Malaka dan banyak lagi yang lainnya.
Dekianlah selintas tentang Sumatera Barat.
Selamat Menjelajahi Negeri Ranah Minang ...............

Related Posts sesuai kategori



0 komentar: